4 Tips Investasi Emas di Pegadaian

Mempersiapkan dana pensiun merupakan hal yang wajib di zaman seperti sekarang ini. Untuk menjamin agar masa tua dalam kondisi sejahtera, ada satu hal yang sebaiknya dilakukan, yaitu berinvestasi emas.

Berinvestasi emas dapat dilakukan di Pegadaian. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat di kotamu. Dan siapkan identitas diri dan sejumlah uang untuk biaya pendaftarannya. Investasi emas pun sudah siap kamu lakukan.

Selain dalam bentuk perhiasan, emas juga tersedia dalam bentuk batangan yang sangat cocok digunakan sebagai instrumen investasi. Mengapa sangat layak? Karena emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan harga yang stabil dan cenderung naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Karena popularitasnya yang kian memuncak karena harganya yang terus naik, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Lalu, bagaimana tips berinvestasi emas yang aman dan nyaman bagi pemula? Berikut ini ulasannya:

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

  • Buat Tujuan yang Jelas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan kamu tahu untuk apa tujuan dan fokus investasi yang akan kamu capai. Tips pertama investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau sebagai dana pensiun.

Atau sebagai contoh, kamu sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji kamu sisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka kamu akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya.

  • Memantau pergerakan harga emas secara berkala

Tips investasi emas yang kedua adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, kamu dimudahkan untuk memantau pergerakan harga emas, bisa melalui situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Selain itu, ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Tujuan dari aksi ini adalah agar kamu tidak salah dalam menentukan kapan menjual atau membeli emas. Meskipun emas adalah alat investasi yang paling stabil, namun terkadang juga mengalami penurunan harga.

Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.

  • Beli emas di tempat yang resmi dan terpercaya

Tips investasi emas selanjutnya adalah membelinya di tempat yang terpercaya dan resmi diawasi oleh OJK. Tempat jual beli emas resmi artinya tempat tersebut menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat.

Salah satu tempat yang aman dan terpercaya dalam berinvestasi emas adalah membelinya di BUMN, yaitu PT ANTAM. Jika di kota terdekatmu tidak ada kantor cabang ANTAM, kamu dapat membeli emas batangan lewat Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya dan pastinya aman.

  • Tempat penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya tips yang terakhir dalam berinvestasi emas adalah memperhatikan tempat penyimpanannya. kamu dapat menyimpannya di brankas atau safety box. Jika dirasa kurang aman, kamu juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh pihak bank, dengan biaya tambahan. Harganya pun cukup variatif tergantung dengan bank masing-masing.

Itulah 4 tips mudah berinvestasi emas yang bisa kamu coba. Emas hingga kini masih difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi. Sehingga penting bagi kamu yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas yang aman dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *